December 7, 2020

175 words 1 min read

Weather Forecast using Machine Learning

Weather Forecast using Machine Learning

Proyek ini mengguna Machine Learning untuk melakukan prediksi curah hujan dan lama penyinaran matahari. Proyek ini menggunakan dataset iklim harian yang disediakan oleh BMKG melalui website resminya. Diharapkan dengan adanya proyek ini pengguna dapat mempersiapkan kegiatan mereka esok hari berdasarkan informasi yang didapat dari hasil prediksi cuaca. Prediksi cuaca juga sangat berperan penting dalam banyak sektor pekerjaan, contohnya pada bidang aviasi/penerbangan.

Proyek yang telah dibuat dapat memprediksi curah hujan dan lama penyinaran matahari dengan menggunakan Machine Learning. Metode yang digunakan dalam melakukan prediksi cuaca adalah Decission Tree. Proyek ini menggunakan dataset iklim harian yang disediakan oleh BKMG pada website resmisnya yaitu “dataonline.bmkg.go”. Data iklim yang kami ambil adalah data 5 tahun terakhir di Kota Bandung.

Selanjutnya data tersebut dibersihkan dengan menggunakan python seperti mengisi data kosong dll. Dari data yang telah bersih tersebut kemudian dilakukan prediksi dengan menggunakan Decission Tree. Didapat akurasi dalam prediksi cuaca adalah sekitar 72%. Proyek ini dapat dikembangkan di kemudian hari dengan menambahkan interface yang lebih menarik dan juga otomasi program.

Project Author(s)

Farisan Safrial Nafis (18118002), Naufal Rafi Hibatullah (18118019)

comments powered by Disqus