December 6, 2020

250 words 2 mins read

Statistik Trending Video di Youtube

Statistik Trending Video di Youtube

Pada tugas besar kami ini, kami memilih topik mengenai hubungan Trending Video yang ada di Youtube. Kami akan membuat visualisasi data yang berhubungan dengan karakteristik video trending pada Youtube. Tugas besar ini bertujuan agar dapat digunakan oleh orang-orang yang ingin meningkatkan popularitas videonya di YouTube serta mencari tahu ketertarikan target konsumen di YouTube.

Tugas besar ini berkaitan dengan video-video yang trending di YouTube. Secara keseluruhan, kami membuat tugas ini menggunakan bahasa pemrograman Python dan Jupyter Notebook untuk melakukan pengkodean. Kami menggunakan library-library untuk visualisasi data hingga pembuatan web. Pengerjaan tugas besar ini memakan waktu 8 minggu. Pertama, kami mengumpulkan dataset video trending Youtube pada kaggle. Setelah itu, kami melakukan data cleaning selama 1 minggu agar dataset dapat diolah dan dapat divisualisasikan. Selanjutnya, kami melakukan visualisasi data hingga mendapat hasil visualisasi yang banyak (sekitar 50 visualisasi data). Selain itu, kami menggunakan modeling BM 25 untuk searching trending video YouTube (berdasarkan judul).

Sebelumnya kami hanya melakukan visualisasi data satu persatu, tetapi karena ribet dan tidak menarik para pengguna maka kami rangkum ke bentuk simpel. Kami merangkumnya dengan pembuatan website menggunakan library dash dengan fitur tambahan, yaitu adanya dropdown. Dropdown ini berfungsi untuk menentukan pilihan pengguna inginkan agar data yang ditampilkan bisa ditampilkan berdasarkan kategori tertentu atau ditampilkan semuanya. Pengerjaan migrasi visualisasi data ke dalam bentuk web memakan waktu 3 minggu. Hasil akhir berupa visualisasi data dalam web yang tersusun sesuai fitur-fitur yang kami buat.

Project Author(s)

Danendra A. H. P. (NIM INVALID), Muhammad Al Fatih (NIM INVALID), Husnul Azizah N. (NIM INVALID)

comments powered by Disqus