December 7, 2020

210 words 1 min read

Speech Emotion Recognition

Speech Emotion Recognition

Speech Emotion Recognition adalah project yang dapat diimplementasikan untuk menganalisis kategori emosi manusia berdasarkan intonasi suara dari kata - kata yang diucapkan. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan manusia salah satunya di bidang pemasaran dan keamanan yang maksimal. Salah satu celah untuk memaksimalkan penjualan barang dan meningkatkan keamanan dalam berkendara adalah melalui pengenalan suasana hati, emosi dan perasaan pengguna atau konsumen. Salah satu metode untuk mengenali emosi pengguna yaitu melalui kata - kata dan intonasi suara yang diucapkan.

Program ini bekerja dengan menganalisis intonasi suara berdasarkan parameter - parameter yang disediakan oleh library. Dari file rekaman suara, diproses untuk menjadi dataframe. Pengolahan dilanjutkan dengan men-training data dengan data train. Setelah dilakukan training data, maka data dilakukan uji coba menggunakan data test dan akan menghasilkan model dengan akurasi tertentu. Akurasi model dapat ditampilkan berdasarkan kecocokan kategori suara actual dengan kategori prediksinya. Kemudian, Model yang sudah jadi dapat diuji coba untuk melakukan prediksi emosi terhadap input suara rekaman buatan. Pada tahap ini diperlukan program untuk merekam suara yang memiliki format .wav dengan memanfaatkan library Librosa. Hasil yang diperoleh adalah program dapat menampilkan kategori emosi suara manusia. Akurasi mencapai peningkatan dari nilai akurasi sebelumnya.

Project Author(s)

Fikri Mochamad Al Ghazali (18117006), Anak Agung Bagus Yoga Deva Mahesa (18118005), Andi Muhammad Yuandana Putra Chuzair (18118012)

comments powered by Disqus