December 8, 2020

324 words 2 mins read

Analisis Penjualan Barang pada Tokopedia

Analisis Penjualan Barang pada Tokopedia

Pada tugas ini, kami ingin memaparkan visualisasi data mengenai produk-produk yang dijual pada salah satu Marketplace di Indonesia yakni Tokopedia. Data tersebut didapatkan dengan metode scraping. Karena terbatasnya memori untuk mengolah data, kami mengambil data dalam suatu range tertentu. Data tersebut dianalisis untuk mendapatkan potensi penjualan dari suatu barang dari kategori tertentu.

Program ini diwujudkan dalam interface dengan menggunakan library dash dan plotly. Untuk mendapatkan data, kami melakukan scraping. Pertama kami membutuhkan akun tokopedia seller yang merupakan power merchant agar dapat mengakses data yang diinginkan. Dalam program scraping, pertama kami perlu mendapatkan akses dari API. Hal ini diwujudkan dengan memberikan input cookies dari inspect element. Setelah itu dilakukan pencuplikan data untuk setiap kategori yang tersedia pada Tokopedia. Lalu hasil scraping dibentuk pada file csv.

Dari hasil scraping, kami mendapatkan pengelompokan kategori yaitu kategori utama, sub kategori 1, dan sub kategori 2. Pada interface, kami menampilkan bar plot yang merupakan jumlah transaksi setiap kategori utama, jumlah transaksi setiap sub kategori 1, dan jumlah transaksi setiap sub kategori 2. Lalu kami juga menampilkan tabel yang berisi top 10 barang dengan jumlah transaksi tertinggi pada kategori utama, sub kategori 1, dan sub kategori 2. Kami juga menampilkan histogram untuk mengetahui persebaran harga dari suatu nama produk pada kategori tertentu. Terakhir kami juga menampilkan scatter plot yaitu hubungan antara jumlah transaksi dengan harga pada sub kategori 1.

Pada interface, terdapat beberapa fitur yaitu dropdown, input dengan submit button, serta figure yang merupakan visualisasi data. Fitur dropdown merupakan fitur dimana pengguna dapat memilih kategori yang diinginkan dengan memilih opsi yang sudah tersedia. Fitur input dengan submit button merupakan fitur dimana pengguna dapat memilih kategori yang diinginkan dengan mengetikkan kategori tersebut pada sebuah kolom input yang sudah disediakan lalu melakukan klik pada tombol submit. Dengan memilih kategori dengan dua fitur yang disebutkan sebelumnya, web akan melakukan call back pada figure. Lalu figure akan berubah mengikuti input yang diberikan oleh pengguna.

Project Author(s)

Via Nabila Hidayati (18118025), Adam Baihaqi Satriobudi (18118020)

comments powered by Disqus