December 8, 2020

327 words 2 mins read

Analisis Hubungan Angka Partisipasi Sekolah dengan Pendapatan Regional Perkapita

Analisis Hubungan Angka Partisipasi Sekolah dengan Pendapatan Regional Perkapita

Pada tugas besar ini dilakukan analisis menggunakan data angka partisipasi sekolah dan pendapatan perkapita bruto tiap provinsi. Angka partisipasi sekolah yang digunakan adalah persentase jumlah penduduk yang berpendidikan pada tahap perguruan tinggi pada tahun 2017-2019. Pendapatan perkapita yang digunakan adalah PDRB untuk tiap provinsi pada tahun 2017-2019. Dari kedua data tersebut dibuat peta persebaran dan korelasi antar kedua data tersebut. Hasil akhir pada korelasi data angka partisipan sekolah dan PDRB adalah tidak berhubungan.

Analisis hubungan angka partisipan sekolah dengan pendapatan perkapita menggunakan dua buah data yaitu angka partisipan sekolah dan angka pendapatan perkapita. Untuk data partisipan sekolah dibersihkan dulu datanya sehingga diperoleh data angka partisipan sekolah yang diinginkan yaitu persentase penduduk yang mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi pada tahun 2017 hingga 2019 pada tiap provinsi di Indonesia. Sama seperti angka partisipan sekolah, angka pendapatan perkapita pun dilakukan pembersihan data sehingga didapatkan hasil data yang diinginkan yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada tahun 2017 hingg 2019 pada tiap provinsi di Indonesia.

Pada data angka partisipan sekolah dilakukan visualisasi data untuk rata-rata angka partisipan sekolah pada 3 tahun dan angka pertumbuhan partisipan sekolah pada 3 tahun dengan menggunakan peta yang diberikan warna pada tiap provinsi sesuai dengan tingkatannya masing, dengan warna kuning menunjukan nilai yang rendah, sementara untuk warna biru menunjukkan nilai yang tinggi. Sama dengan angka partisipan sekolah, dilakukan juga visualisasi untuk rata-rata PDRB dan pertumbuhan PDRB tiap provinsi selama 3 tahun dengan visualisasi yang sama.

Kemudian, untuk mencari korelasi menggunakan scatter plot agar dapat terlihat keterkaitan antara rata-rata angka partisipan sekolah dengan rata-rata PDRB dan angka pertumbuhan partisipan sekolah dengan pertumbuhan PDRB. sebelumnya juga dilakukan pengambilan sampel untuk 5 nilai terendah dan tertinggi untuk masing-masing data untuk dijadikan gambaran korelasi kedua data. Dengan data tersebut sudah terlihat tidak terlihat korelasinya. Kemudian dibuktikan dengan menggunakan rumus korelasi dapat disimpulkan tidak terdapat korelasi antara angka partisipan sekolah dengan angka pendapatan perkapita tiap provinsi di Indonesia pada tahun 2017-2019.

Project Author(s)

Arief Insanu Muttaqien (18118014), Muhammad Farhan Jati (18118017)

comments powered by Disqus