May 9, 2021

311 words 2 mins read

Advancing Software-Defined Networks: A Survey

Advancing Software-Defined Networks: A Survey

Paper yang berjudul “Advancing Software-Defined Networks : A Survey” ini melakukan pencarian terhadap kesempatan peneliti untuk melakukan penelitian di bidang SDN dan teknologi terkait SDN seperti NV, dan NFV. Pasalnya SDN sekarang ini telah berkembang pesat dengan topik yang sangat luas sektornya di perusahaan IT. Banyak perusahaan yang telah melakukan riset tentang SDN bahkan sudah mengimplementasikan SDN meskipun belum sempurna. Sebagai contoh OpenDayLight (ODL) controller telah dideploy oleh perusahaan seperti Orange , China Mobile, AT&T, T-Mobile, Comcast, Telefonica, China Telecom, Deutsche Telekom, dan Globe Telecom.

Meskipun sudah diimplementasikan, SDN sampai saat ini masih mempunyai keterbatasan dan kekurangan. Kekurangan dan keterbatasan SDN yang dimaksud disini adalah kekurangan dan keterbatasan dari sudut pandang network operator, engineer, researcher, standard, hingga perusahaan telco/ISP . Sebagai contohnya SDN belum mampu untuk mengakomodasi ISP yang mempunyai trafik internet dan volume yang sangat tinggi, yang kaya akan media konten dan juga mempunyai pertimbangan keamanan. Sebagai contohnya lagi, SDN masih belum mudah untuk dibayangkan bagi network operator (secara intuisi). Padahal abstraksi SDN sangat powerful sekali sebagaimana computer operating system yang bisa melakukan high level programing dari abstraksi bilangan biner 0 dan 1.

Berikut ini adalah bahasan research area yang ada dalam paper :

III. Control Plane A. Northbound API B. East-West Bound API C. Southbound API D. Distributed Control Plane IV. Data Plane V. Middleboxes VI. Virtualization VII. Security VIII. Tools IX. Modeling & Simulation X. Hybrid SDN XI. SDX XII. Emerging Technologies (IoT, 5G, ICN, SDWN, SDRAN)

Adapun permasalahan yang paling banyak disoroti pada masing-masing research area adalah sebagai berikut :

  1. Scalability
  2. Interoperability
  3. Security
  4. Standard
  5. Lack of Network Operators Skills -> training & certification
  6. Flexibility
  7. Management

Para peneliti perlu memenuhi dan memcahkan masalah yang ada pada SDN dan implementasinya. Dengan munculnya solusi dari para peneliti terhadap kekurangan SDN, maka para perusahaan akan cepat tertarik dengan SDN sehingga akan lebih cepat diimplementasikan secara global.

Project Author(s)

Ali Rhomadoni (23220038)

comments powered by Disqus