May 10, 2021

351 words 2 mins read

A Cloud-based SDN/NFV Testbed for End-to-End Network Slicing in 4G/5G

A Cloud-based SDN/NFV Testbed for End-to-End Network Slicing in 4G/5G

Network slicing digunakan untuk membentuk 5G sebagai jaringan yang fleksibel, scalable, dan demand-oriented. Penulis, Ali Esmaeily, Katina Kralevska, and Danilo Gligoroski dari NTNU, memperkenalkan 5GIIK yang menyediakan implementasi, manajemen, dan orkertrasi network slice di semua jaringan domain dan akses yang berbeda. Metodologi yang digunakan yaitu dengan mengidentifikasi kriteria desain yang merupakan ringkasan dari fitur-fitur yang ada di testbed sebelumnya dan menentukan open-source tool apa yang sesuai untuk mengimplementasikannya. 5GIIK ini menyediakan fitur dan kemampuan tambahan seperti dinamika penyediaan slice, pemantauan virtual machine secara real time, VNF-onboarding ke VIM(Virtualized Infrastructure Manager) yang berbeda.

Dari arsitektur yang dibuat, Bagian Radio Access Network (RAN) diimplementasi di NTNU Trendheim dan Core Network (CN) di NTNU Gjovik. Bagian Transpor Network (TN) diimplementasi dengan Backbone IP dari Jaringan Riset dan Pendidikan Nasional Norwegia. UE akan menghubungkan jaringan ke Cloud-RAN(C-RAN) melalui Remote Radio Head (RRH). Pada C-RAN ini merupakan hasil virtualisasi Baseband Unit (BBU) menggunakan srsLTE. srsLTE ini dibantu oleh Tenant Controller (TC) 5G-EmPOWER. 5G-EmPOWER ini mengelola sumber daya jaringan tervirtualisasi dari beberapa node radio (wiFi Access Points, eNB LTE, dan 5G New Radio) serta berkomunikasi dengan eNB di C-RAN untuk mengelola dan mengontrol sumber daya radio ke end user. Kedua srsLTE dan 5G-EmPOWER dikelola oleh OpenStack 1 (berisi Virtual Infrastructure Manager (VIM) dan Infrastructure Controller (IC)). Kemudian, akan terhubung ke OSM yang terletak di Gjovik melalui TN yang tersedia yang terhubung dalam reference Or-Vi pada Management and Network Orchestration (MANO) framework.

Pada CN yang terletak di NTNU Gjovik, diimplementasikan dengan Open Air Interface evolved Packet Core (OAI EPC) dan TC untuk TN dan CN menggunakan MCORD. MCORD ini digunakan untuk memisahkan dan memvirtualisasi fungsi jaringan dan layanan operator serta mengimplementasi network slicing di TN untuk membentuk End-to-end Network Slicing. Kedua OAI EPC dan MCORD ini dikelola OpenStack 2 (VIM dan IC) yang terhubung ke OSM dengan reference Or-Vi .

Untuk dapat mengimplementasikan fitur tambahan yaitu dinamika penyediaan slice digunakan strategi slice-aware traffic marking, pemantauan virtual machine secara real time diintegrasikan dengan Prometheus, dan VNF-onboarding ke VIM(Virtualized Infrastructure Manager) yang berbeda (dalam hal ini di OpenStack 1 dan OpenStack 2) dilakukan dengan OSM.

Project Author(s)

Arba Robbani (23220346)

comments powered by Disqus