December 7, 2020

382 words 2 mins read

Web Visualisasi Data Tapak Ekologi Dunia

Web Visualisasi Data Tapak Ekologi Dunia

Terinspirasi dari mata kuliah BI2001 Pengetahuan Lingkungan, proyek akhir yang dibuat adalah sebuah web yang menampilkan data mengenai tapak ekologi. Tapak ekologi adalah sebuah metode yang digunakan Global Footprint Network untuk mengukur seberapa banyak manusia mengambil sumber daya dari alam untuk mendukung kehidupan maupun perekonomiannya. Data yang ditampilan pada web berupa grafik biokapasitas dan tapak ekologi dari negara-negara yang ada didunia. Web ini memiliki fitur tambahan berupa kalkulator tapak ekologi agar setiap user dapat menghitung tapak ekologi pribadi.

Alam merupakan penyedia yang selama ini memenuhi kebutuhan mendasar umat manusia, seiring berjalannya waktu aktivitas manusia mengalami peningkatan yang menyebabkan peningkatan pada kebutuhan yang pada akhirnya terjadilah eksplorasi tanpa henti terhadap sumber daya alam. Kemudian banyak aktivitas sehari-hari yang tanpa kita sadari mengeksplorasi sumber daya alam secara berlebihan, seperti penggunaan air yang berlebihan, penggunaan peralatan elektronik, penggunaan transportasi, dll.

Kemudian, Eksplorasi sumberdaya alam ini menyebabkan kerusakan sumber daya alam yang pada akhirnya akan membuat perubahan iklim yang tidak menentu. Berdasarkan data dari footprint network, sekitar 72% negara yang ada di dunia mengalami defisit biokapasitas. Artinya demand terhadap sumber daya alam lebih tinggi daripada supply yang dapat diberikan oleh alam itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat ukur yang dapat mengukur besar demand dan supply dumber daya alam. Alat ukur ini bernama tapak ekologi.

Tapak ekologi memiliki pengertian sebagai Alat ukur yang mampu memberikan informasi mengenai seberapa banyak sumber daya alam yang dibutuhkan manusia, seberapa banyak bumi mampu menyediakan sumber daya alam tersebut, dan seberapa banyak bumi mampu menyerap dan mengelola limbah yang dihasilkan manusia dengan siklus biologis.

Proyek ini memeliki beberapa tujuan, di antaranya adalah mengedukasi orang mengenai pentingnya tapak ekologi, menunjukkan grafik biokapasitas dan tapak ekologi dari setiap negara yang ada di dunia, menunjukan beberapa data statistik mengenai tapak ekologi, dan mengajak orang untuk menghitung tapak ekologi individu dengan kalkulator sehingga dapat mengajak orang lain untuk merubah pola hidup demi menjaga sumber daya alam.

Proyek ini menghasilkan sebuah web yang dapat menampilkan grafik yang menunjukan perbandingan antara biokapasitas dan tapak ekologi dari negara-negara yang ada di dunia. User juga dapat menggunakan kalkulator untuk menghitung besar tapak ekologi pribadi dan mendapatkan analisis bagaimana cara menurunkan nilai tapak ekologi. Web juga menampilkan informasi yang menjelaskan mengenai istilah tapak ekologi dan biokapasitas serta pentingnya kedua istilah tersebut untuk lingkungan.

Project Author(s)

Dimas Aji Pangestu (23220066)

comments powered by Disqus