December 8, 2020

217 words 2 mins read

Video Games Region Sales Data and Analysis

Video Games Region Sales Data and Analysis

Projek berupa membangun website bernama ‘Game Info’ untuk mengolah dan menampilkan data yang diperoleh menggunakan metode web scraping. Website Game Info ini bertujuan untuk menunjukkan data penjualan dari video game berdasarkan wilayah penjualannya. Fitur yang tersedia berupa sorting, searching, dan filtering berdasarkan platform dan genre video game. Region sales bertujuan untuk menampilkan data penjualan keseluruhan dan menunjukkan trend platform, genre, dan publisher yang paling populer pada wilayah tertentu.

Video game merupakan hiburan yang sangat populer dan dimainkan oleh hampir semua orang di dunia. Penjualan dan popularitas video game berbeda untuk setiap wilayah dan perlu dipelajari agar dapat dilihat genre dan/atau konsol yang paling diminati di suatu wilayah. Banyaknya judul dan jenis video game menyebabkan sulitnya melihat data dan trend dari penjualan genre dan konsol yang terkait. Oleh karena itu dibutuhkan layanan untuk melihat trend penjualan video game berdasarkan konsol, genre, publisher, dan wilayah penjualannya.

Dari uraian tersebut dibuatlah sebuah website yang berisi informasi penjualan video game yang dikumpulkan dari internet menggunakan metode web scraping. Data yang diperoleh dalam format .csv lalu dikonversi menjadi format database (.db) sehingga dapat diolah oleh bahasa pemrograman dengan lebih mudah. Website dibangun menggunakan framework Flask yang terdiri dari bahasa pemrograman Python, HTML, dan CSS. Layanan website ini sudah dihosting dan dapat diakses pada alamat http://radifa99.pythonanywhere.com/ .

Project Author(s)

Radifa Akbar Abhesa (23220014)

comments powered by Disqus