December 9, 2020

307 words 2 mins read

Smart Music Study Companion

Smart Music Study Companion

Smart Music Study Companion adalah alat yang dapat memainkan musik secara otomatis ketika terdeteksi manusia di meja belajar. Alat ini mempermudah pengguna, khususnya mahasiswa/pelajar, untuk memainkan musik tanpa memikirkan lagu apa yang ingin diputar. Alat ini menggunakan Raspberry Pi 3 sebagai mikrokontroller, PIR sensor sebagai komponen deteksi motion, dan Bot Telegram sebagai pengendali alat. Cara penggunaan alat ini adalah pengguna mengaktivasi alat melalui Bot Telegram, lalu menciptakan motion ke PIR sensor untuk memainkan musik.

Mendengarkan musik dapat membawa suasana nyaman dan meningkatkan konsentrasi dalam belajar dan mengerjakan tugas. Untuk memfasilitasi suasana belajar dengan musik yang lebih mudah dan efektif, Smart Music Study Companion hadir untuk memberikan solusi tersebut. Pengguna hanya perlu duduk dan memberikan tanda kepada alat untuk memulai musik ketika akan mulai belajar, dan musik akan otomatis mati ketika pengguna meninggalkan tempat.

Terdapat 3 komponen utama pada alat ini: Raspberry Pi, PIR Sensor, dan Bot Telegram. Raspberry Pi menjadi mikrokontroller yang berfungsi untuk menjalankan program dan menyimpan musik. Pengguna dapat menyimpan musik dengan memasukkan langsung ke Raspberry Pi atau melalui USB. PIR sensor berfungsi sebagai pendeteksi gerakan dari pengguna. Bot Telegram berfungsi sebagai pengatur alat. Bot Telegram dapat memberikan pesan selamat datang, pesan bantuan, dan informasi proyek. Ditambah, Bot Telegram dapat memainkan atau menghentikan lagu, menaikkan dan menurunkan volume, dan mematikan atau menyalakan alat.

Program di alat dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python dan dibantu oleh library-library penting. OMXPlayer adalah library yang berfungsi mengontrol musik melalui script Python. Dengan mengoordinasikan OMXPlayer dengan masukan dari PIR sensor dan Bot Telegram, musik dapat dimainkan secara otomatis dan diatur oleh pengguna. Cara kerja program adalah program terlebih dahulu mencari musik yang ada di directory yang telah ditetapkan. Kemudian, program akan memasukkan musik tersebut ke class OMXPlayer. Dengan memberikan instruksi ke variabel class masing-masing, maka musik yang dimainkan dapat di kontrol.

Project Author(s)

Thirza Nabila Syafriady (18117011), M. Naufal Kurniawan (18117012)

comments powered by Disqus