December 8, 2020

299 words 2 mins read

Sistem Pemantauan Lalu Lintas Kapal

Sistem Pemantauan Lalu Lintas Kapal

Sistem Pemantauan Lalu Lintas kapal merupakan sebuah aplikasi website yang dibuat untuk dapat menampilkan posisi dari sebuah kapal yang (saat ini) diambil dari data AIS. AIS sendiri merupakan kependekan dari Automatic Identification System. AIS merupakan sebuah sistem pelacakan otomatis digunakan pada kapal dan dengan pelayanan lalu lintas kapal (VTS) untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh elektronik pertukaran data dengan kapal lain di dekatnya, BTS AIS, dan satelit. Data yang diperoleh kemudian di petakan dengan menggunakan PHP dan Leaflet.js.

Yang melatar belakangi pembuatan website sistem pemantauan lalu-lintas kapal adalah karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan ⅔ wilayah Indonesia berupa perairan. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, dimana hanya sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni. Indonesia juga terletak di antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia), serta dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Karena letak geografisnya yang sangat strategis dan luasnya perairan indonesia sehingga banyak terdapat banyak kapal-kapal lalu-lalang di wilayah perairan Indonesia. Maka diperlukan salah satu sistem pengawasan lalu-lintas kapal. Agar keamanan dan keutuhan bangsa bisa terjamin.

Manfaat dari aplikasi yang dibangun adalah untuk dapat mengetahui pergerakan kapal yang ada, mengetahui posisi kapal terakhir sehingga dapat mencegah kecelakaan akibat tabrakan maupun terjadinya pelanggaran illegal fishing, serta mempermudah kegiatan SAR dan investigasi apabila terjadi kecelakaan selain itu user dapat dengan mudah mencari kapal dengan menginput nama kapal atau id MMSI untuk melakukan pelacakan jalur pelayaran kapalserta menggabungkan data dari AIS dan Radar untuk dapat diintegrasikan dengan sistem (pengembangan berikutnya).

Data AIS yang berupa CSV file dikirim dengan menggunakan Python. Data ini akan disimpan kedalam database MySQL dan akan di tampilkan di atas sebuah peta digital. Peta digital yang dibuat menggunakan PHP dan Leaflet.js. Data yang ada dapat di ambil dengan menggunakan format XML sehingga dapat digunakan untuk pihak / aplikasi lain.

Project Author(s)

Arief Nur Rahman (23219034)

comments powered by Disqus