December 7, 2020

223 words 2 mins read

SIAP Sistem Informasi Akreditasi PTE UPI

SIAP Sistem Informasi Akreditasi PTE UPI

SIAP merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang digunakan untuk membantu proses dokumentasi administrasi prodi Pendidikan Teknik Elektro UPI untuk melaksanakan akreditasi dan audit mutu internal. Adanya SIAP ini diharapkan mampu membantu panitia akreditasi PTE UPI untuk menyimpan dan mengolah data agar proses pelaksanaan akreditasi bisa berjalan dengan lancar.

Program studi Pendidikan Teknik Elektro UPI saat ini telah terakreditasi A atau “Sangat Baik” dari BAN-PT. Pelaksanaan audit akreditasi ini dilakukan setiap 5 tahun sekali, karenanya setiap data penunjang Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) harus tersimpan dengan baik. Namun, hingga saat ini prodi PTE belum memiliki sistem untuk menyimpan data-data dan sering kali disibukkan mencari data-data lama yang sudah tertumpuk selama bertahun-tahun sehingga proses persiapan akreditasi seringkali membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk membuat sebuah sistem berbasis web untuk keperluan akreditasi prodi PTE FPTK UPI yang diberi nama SIAP (Sistem Informasi Akreditasi PTE).

Tujuan utama dari pembuatan SIAP ini adalah agar terciptanya sebuah sistem informasi yang bisa dimanfaatkan oleh Prodi PTE UPI untuk menyimpan dan mengolah data-data keperluan akreditasi secara berkala. Adapun beberapa manfaat lain dari SIAP adalah:

  • Data lebih terstruktur
  • Tidak ada double data
  • Proses pengisian IAPS menjadi lebih mudah dan cepat
  • Perhitungan untuk data IAPS dapat dilakukan secara otomatis
  • Data bisa diupdate setiap saat
  • Data tidak rawan hilang/rusak
  • SIAP dapat dikembangkan lagi

Project Author(s)

Yulia Retnowati (23219043)

comments powered by Disqus