December 7, 2020

351 words 2 mins read

Review : Visible Light Communication Berbasis Ethernet 10 Mbps pada Jarak 120m Menggunakan LED Tunggal

Review : Visible Light Communication Berbasis Ethernet 10 Mbps pada Jarak 120m Menggunakan LED Tunggal

Visible light communication merupakan paradigma masa depan bagi komunikasi wireless. Pada paper ini, diimplementasikan visible light communication yang dikombinasikan dengan ethernet 10Base-T. Visible light communication ini menggunakan transmisi unidirectional khususnya bagian downlink menggunakan LED merah sebagai transmitter dan Avalance photodiode (APD) sebagai receiver. Sistem ini dapat melakukan transmisi secara real time menggunakan ethernet 10Mbps pada jarak 120m di bawah latar cahaya yang kuat.

Dalam visible light communication (VLC), informasi ditransmisi melalui modulasi spektrum cahaya 400-700 nm. VLC ini memiliki banyak aplikasi dalam komunikasi nirkabel seperti smart city, lokalisasi Gudang/robotika, data yang aman dan akses bebas bahaya di rumah sakit, komunikasi kendaraan, dan lain-lain. Dari hasil analisis dan pengujian menunjukkan potensi VLC menyediakan data berkecepatan tinggi dengan keuntungan peningkatan efisiensi energi, kemanan komunikasi, tahan lama, dan harganya yang murah. Namun, karena besarnya kapasitansi parasitic dari LED, membuat bandwidth nodulasinya rendah, hanya beberapa MHz yang pada aslinya bernilai raturan THz. Untuk itu, peneliti melakukan optimasi kececepatan komunikasi LED dengan modulasi dan demodulasi yang kompleks, hardware pre-emphasis, dan lain-lain.

VLC pada dasarnya menggunakan transmisi downlink dengan LED sebagai transmitter dan free-space optical communication channel dan photodetector atau sensor gambar sebagai receiver. Untuk uplink dapat digunakan WiFi atau sensor infrared atau LED sebagai transmitter.

Menurut penelitian yang lain yang menggunakan metode kombinasi seperti paper ini antara lain:1) menggunakan transmisi downlink menggunakan phosphorescent LED putih dan transmisi uplink menggunakan 10Base-T dan receiver menggunakan filter biru dan dapat mengirim dengan kecepatan 10Mbps pada jarak 8cm. 2) menggunakan transmisi downlink menggunakan 5x4 phosphorescent LED putih dan transmitter dipasang hardware pre-emphasis untuk merealisasikan melakukan transmisi 10Mbps pada jarak 2,3m.

Pada paper ini, akan direview mengenai pembuatan VLC dikombinasinakan dengan ethernet 10Base-T dengan LED merah sebagai transmitter dan filter merah, free space optical communication channel, serta APD sebagai receiver. Beberapa kelebihan, kelemahan, dan masukan dari paper bauatan Hongyu Zhu et al ini akan dibahas beserta penbahasan paper lain untuk melengkapi informasi yang belum jelas.

Pada bagian pendahuluan ini pada paper yang direview, terdapat penelitian sebelumnya yang tidak terlalu penting untuk ditampilkan. Namun, penjelasan pada pendahuluan ini sudah menunjukan konstribusi apa yang diberikan pada penelitian ini.

Project Author(s)

Arba Robbani (23220901)

comments powered by Disqus