May 11, 2021

282 words 2 mins read

Pembelajaran Al - Quran Berbasis Speech Recognition

Pembelajaran Al - Quran Berbasis Speech Recognition

Aplikasi pembelajaran Al - Quran Berbasis Speech Recognition adalah aplikasi yang dapat membantu belajar mengaji dengan menggunakan speech recognition yang berguna untuk mengoreksi bacaan penggunanya tanpa adanya sebuah mushaf dan guru mengaji. Aplikasi di desain untuk dapat diterima oleh semua kalangan usia masyarakat. Sehingga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu masyarakat golongan usia muda hingga masyarakat yang sudah tua dapat belajar mengaji dengan praktis.

Berdasarkan hasil riset Hidayatullah, saat ini terdapat 65% muslim di Indonesia yang masih buta huruf Al - Quran. Walaupun Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, hanya 35 dari 220 orang yang dapat membaca Al - Quran. Tingginya angka buta huruf Al - Quran salah satunya disebabkan karena mushaf (Al - Quran cetak) yang di produksi oleh pemerintah masih kurang memadai. Disamping itu, kurangnya guru mengaji juga menjadi salah satu hambatan terutama untuk daerah pedesaan.

Jika ditinjau lebih lanjut angka buta huruf di Indonesia berdasarkan data survei BPS (Badan Pusat Statistik) didominasi oleh masyarakat yang berumur sekitar 45 tahun keatas. Dari data tersebut masyarakat yang berumur 45 tahun keatas cenderung lebih banyak tidak bisa membaca dibanding masyarakat yang berumur dibawah 45 tahun.

Oleh karena itu, untuk membantu memberantas angka buta huruf Al - Quran diperlukan sebuah katalis yang dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat muslim di Indonesia belajar membaca Al - Quran. Katalis ini dapat berupa sebuah aplikasi yang dapat membantu belajar mengaji dengan menggunakan speech recognition yang berguna untuk mengoreksi bacaan penggunanya tanpa adanya sebuah mushaf dan guru mengaji. Aplikasi ini harus dapat diterima oleh semua kalangan usia masyarakat. Sehingga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu masyarakat golongan usia muda hingga masyarakat yang sudah tua dapat belajar mengaji dengan praktis.

Project Author(s)

Ahmad Fauzi Iskandar (23220065)

comments powered by Disqus