December 7, 2020

231 words 2 mins read

Paper Review : Network Virtualization on Optical Network

Paper Review : Network Virtualization on Optical Network

Melakukan review paper berjudul “Network Virtualization on Optical Network”. Review berisi penjelasan singkat isi paper, keunggulan, kekurangan, dan apa saja yang bisa ditingkatkan dari paper. Secara umum, paper yang dibahas berisi tentang kebutuhan SDN pada jaringan optik, arsitektur SDN untuk jaringan optik yang diajukan, serta penggunaan software Mininet unutk prototyping SDN jaringan optik.

Pada paper yang berjudul “Network Virtualization on Optical Networks” terdapat tiga poin bahasan utama terkait virtualisasi pada jaringan optik. Bahasan pertama adalah keuntungan dan pentingnya menerapkan SDON (Software Defined Optical Network). Bahasan kedua adalah solusi SDON yang diajukan oleh penulis paper. Penulis paper juga menyebutkan beberapa skenario cross-technology dalam membuat ekstensi OpenFlow agar bisa mendukung SDON. Bahasan yang terakhir adalah Mininet sebagai software yang digunakan untuk melakukan prototyping SDON.

Paper memiliki kelebihan berupa adanya pengenalan singkat terkait SDN, sehingga pembaca bisa lebih mengerti gambaran umum SDN. Selain itu juga disebutkan beberapa keuntungan dalam penggunaan SDN. Selain itu, ada penjelasan cukup detail terkait penggunaan Mininet sebagai software untuk prototyping jaringan. Pada paper juga dijelaskan bagaimana workflow dalam pengembangan prototype di Mininet, keunggulan serta limitasi Mininet. Hal tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca yang belum mengenal software Mininet.

Kekurangan utama pada paper terdapat pada poin pembahasan prototyping, dimana paper tidak membahas proses dan hasil prototyping jaringan menggunakan extensi OpenFlow yang dibuat oleh penulis. Pembahasan hanya berfokus pada cara penggunaan Mininet serta keuntungan dan keterbatasan Mininet.

Project Author(s)

Gelar Pambudi Adhiluhung (18117020)

comments powered by Disqus