December 6, 2020

223 words 2 mins read

LiCa Lingkungan Cuaca Mini Station

LiCa Lingkungan Cuaca Mini Station

LiCa (Lingkungan Cuaca) Mini Station merupakan proyek IoT yang bergerak di bidang lingkungan. Alat ini dapat mengambil data Indikator lingkungan secara real time. Serta dapat menampilkan prakiraan cuaca. Proyek ini memanfaatkan mikrokontroler, sensor - sensor serta beberapa API. Proyek akhirnya ditampilkan melalui webapp sederhana.

Indikator lingkungan yang dapat diukur oleh alat ini adalah temperatur, kelembaban, dan kualitas udara. Indikator-indikator tersebut berdasarkan pengukuran udara pada lingkungan sekitar alatnya. Untuk indikator kualitas udara, alat ini dapat mengukur beberapa jenis udara yaitu gas CO, gas LPG, dan asap. Semua pengukuran indikator dilakukan oleh sensor-sensor arduino. Kemudian hasil pengukuran ini ditampilkan pada sebuah API yaitu ThingSpeak yang dapat secara real time melakukan visualisasi grafik dan menampilkan nilainya.

Alat ini juga dapat menampilkan prakiraan cuaca 6 hari kedepan berdasarkan pencarian lokasi yang diinginkan. Prakiraan cuaca dibuat berbasiskan web app. Web App tersebut memiliki 2 sistem kerja yaitu mengambil data prakiraan cuaca dan data lokasi dari API. Untuk mendapatkan data prakiraan cuaca menggunakan OpenWeather APi, sedangkan data lokasi didapat dari MapBox API.

Proyek ini memanfaatkan beberapa alat sebagai berikut:

  1. Modul WiFI NodeMCU (ESP8266)
  2. Sensor Temperatur dan Kelembaban (DHT11)
  3. Sensor Kualitas Udara (MQ - 2)
  4. Kabel Jumper Selain komponen hardware diatas, proyek ini juga melibatkan beberapa komponen software seperti :
  5. ThingSpeak
  6. Arduino IDE
  7. HTML
  8. JavaScript
  9. OpenWeather API
  10. Mapbox API

Project Author(s)

Fikri Mochamad Al Ghazali (18117006), Risyam Najmi ‘Adiyat (18117038)

comments powered by Disqus