December 8, 2020

276 words 2 mins read

Klasifikasi Malware Menggunakan Machine LearningBerbasis Image Processing

Klasifikasi Malware Menggunakan Machine LearningBerbasis Image Processing

Penelitian yang terdiri dari membangun model machine learning yang berfungsi untuk mengklasifikasi jenis malware berdasarkan pengenalan visual. Proses terdiri dari pengumpulan dan konversi dataset malware menjadi gambar, melatih model machine learning, dan melakukan pengetesan performa model. Dataset dikumpulkan dari repositori malware yang tersedia secara umum dan dikonversi berdasarkan metode ‘binary to image’ dan diproses menggunakan algoritma machine learning ‘Convolutional Neural Network’. Parameter pengetesan yang diukur berupa kecepatan dan akurasi dari model dalam melakukan klasifikasi jenis malware.

Pelanggaran keamanan akibat serangan perangkat lunak berbahaya (malware) terus meningkat dan menjadi masalah keamanan utama di era digital ini. Dengan banyaknya pengguna komputer, perusahaan, dan pemerintah yang terpengaruh karena jumlah serangan malware yang terus meningkat secara eksponensial, deteksi malware terus menjadi tema penelitian panas. Solusi deteksi malware saat ini mengadopsi analisis statis dan dinamis dari signature malware dan pola perilaku yang memakan waktu dan terbukti tidak efektif dalam mengidentifikasi malware yang tidak dikenal dalam waktu nyata. Malware terbaru menggunakan polimorfik, metamorfik, dan teknik mengelak lainnya untuk mengubah perilaku malware dengan cepat dan menghasilkan malware jenis baru dalam jumlah besar.

Jenis malware baru seperti itu sebagian besar merupakan varian malware yang sudah ada, dan akhir-akhir ini, penggunaan Machine Learning Algorithm (MLA) sudah sering digunakan untuk melakukan analisis malware yang efektif. Namun, pendekatan seperti itu masih memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan berbagai macam analisa fitur yang diperoleh dari berbagai macam malware ( feature extraction ), proses tersebut terdiri feature engineering, feature learning, and feature representation . Untuk mengatasi masalah tersebut, diajukan metode pengenalan dan pengklasifikasian malware menggunakan teknik pengenalan gambar/citra untuk pengelompokan malware berbasis visual dengan proses machine learning menggunakan Convolutional Neural Network (CNN).

Project Author(s)

Radifa Akbar Abhesa (23220014)

comments powered by Disqus