December 7, 2020

200 words 1 min read

Instalytics alat ukur performa akun Instagram

Instalytics alat ukur performa akun Instagram

Instalytics adalah tool yang digunakan untuk mengukur performa akun Instagram. Instalytics mengambil data parameter like, comment, post dan response dari setiap akun publik yang telah didefinisikan sebelumnya menggunakan teknik scraping. Kemudian Instalytics akan melakukan analisis terhadap hubungan setiap paramater dengan membandingkan beberapa akun publik. Hasilnya adalah lima besar dari setiap parameter ukur ditampilkan dalam bentuk dashboard.

Instalytics mengambil data parameter like, comment, post dan response menggunakan scrap dan mengambil data dari API dan menyimpannya dalam bentuk SQL file. Data tersebut kemudian di-preprocess sehingga siap diolah. Preproses dilakukan diantaranya adalah memfilter data hanya bulan Agustus 2020 hingga Oktober 2020. Kemudian akun IG username yang dipilih hanya akun publik milik pemerintah. Kemudiaan data tersebut dikonversi ke dalam bentuk CSV.

Data CSV ini kemudian diproses menggunakan library Pandas dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Cara memprosesnya adalah dengan cara mengurutkan data tersebut dari yang tertinggi hingga yang terendah. Pengurutan tersebut dilakukan di setiap paramater. Setelah data tersebut diurutkan, maka hasilnya ditampilkan dalam bentuk grafik menggunakan library Plotlydash. Proses penampilan grafik dipisahkan ke dalam 4 menu sesuai dengan parameter yaitu likes, comments, responses dan posts.

Instalytics diimplementasikan di platform Heroku agar mudah diakses secara publik. Instalytics tersedia di https://instalytics-id.herokuapp.com/

Project Author(s)

Okyza Maherdy Prabowo (33220025)

comments powered by Disqus