December 7, 2020

221 words 2 mins read

Hidrology Observation DashboardBBWS SUMATERA VIII

Hidrology Observation DashboardBBWS SUMATERA VIII

Dashboard yang menampilkan data pos observasi sungai melalui IoT. Data didapat melalui Pos yang memiliki data logger IoT berprotokol MQTT. Data yang masuk disubscribe sebagai dan dimasukan ke database lalu ditampilkan di web apps. data dapat didownload dan disubscribe melalui email.

BBWS Sumatera VIII sebagai lembaga pemerintah yang mengobservasi badan sungai di Sumatera Selatan memiliki beberapa pos observasi yang terintegrasi dengan IoT. Publik belum memiliki akses yang dapat digunakan untuk mendapatkan data tersebut baik secara realtime ataupun historical data dimana data tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kesigapan masyarakat maupun untuk data penelitian oleh peneliti tentang hidrologi.

Data observasi dari BBWS VIII yang didapat melalui data logger yang terkoneksi menggunakan mmodem gsm dan dikirimkan menggunakan protokol MQTT dapat disubscribe ke broker MQTT yang sudah di development/tersedia. Aplikasi selanjutnya dibangun dengan konsep sebagai client dari broker tersebut dan mendapatkan data update per 5 menit.

Data yang sudah disubscribe lalu dimasukan kedalam database MySQL dan dibangun juga dataframenya agar bisa ditampilkan di dashboard dengan framework dash plotly yang berbasis Flask. Di web apps akan ditampilkan data yang merupakan data perjam dan juga tersedia data sebaran pos yang di plot dengan mapbox. Di web apps juga disediakan fitur untuk mendownload data yang sudah terekam didalam database. Tersedia juga fitur untuk subscribe melalui email setelah mendaftarkan email di database web apps.

Project Author(s)

Poppy Luscovius Purba (23219055)

comments powered by Disqus