December 8, 2020

207 words 1 min read

Fever Detector

Fever Detector

Produk berbasis IoT yang dapat mendeteksi suhu tubuh, memberikan indikasi kondisi demam maupun normal, dan memberikan peringatan berupa email alert kepada admin apabila terdeteksi demam yang mana ditampilkan melalui tautan https://thingspeak.com/channels/1232540

Produk IoT berupa Fever Detector yang berfungsi mengindikasi kondisi user apakah demam (di atas 37,5 C) atau normal dengan menggunakan sensor LM35 dan ESP8266. Setelah rangkaian dan code deteksi suhu pada arduino IDE disusun, dilakukan pendeteksian suhu dgn cara menyentuh sensor LM35. Hasil deteksi ini dihubungkan pada ThingSpeak, open-source IoT yang menggunakan matlab sebagai visualisasi. ThingSpeak mengumpulkan hasil deteksi dari sensor, menganalisis dan memvisualisasikan datanya. Fitur-fitur yang ditampilkan pada web antara lain menampilkan hasil deteksi suhu tubuh dalam Celcius, mengindikasi kondisi demam maupun normal melalui widget warna, memvisualisasikan data dalam beberapa grafik dan dapat ditampilkan secara real-time, mengirimkan email alert kepada admin apabila terdeteksi demam, yang mana dapat diakses melalaui tautan https://thingspeak.com/channels/1232540.

Sistem peringatan pada produk ini menggunakan layanan Webhooks dari IFTTT yang mana dapat membuat web request untuk mentrigger sebuah aksi. Aksi yang kami buat adalah email alert. Apabila pada ThingSpeak, ada user yang terdeteksi demam, maka IFTTT webhooks akan mengirimkan pesan ke email admin bahwa di tanggal dan pukul sekian ada user yg terdeteksi demam.

Project Author(s)

Syahidah Isfahani (18117019), Renzy Dwi Setya (18117014)

comments powered by Disqus