May 10, 2021

245 words 2 mins read

Eksplorasi Pengaplikasian Ryu Controller

Eksplorasi Pengaplikasian Ryu Controller

Eksplorasi Ryu Controller yang dilakukan berupa beberapa penerapan protokol/fungsi yang ada pada jaringan. Contohnya adalah Sniffer, Load Balancer, Rate Limiter, STP, Traffic Monitor, dan Firewall. Ryu controller menyediakan hampir semua konfigurasi dari fungsi-fungsi tersebut sehingga sangat memudahkan untuk melakukan konfigurasi jaringan. Fungsi-fungsi tersebut juga bisa dikembangkan dengan tambahan konfigurasi contohnya lewat REST API.

Teknologi dalam dunia telekomunikasi seiring waktu selalu berkembang. Salah satu pengembangan teknologi yang cukup signifikan di dalam dunia networking adalah Software Defined Networking atau yang lebih dikenal dengan SDN. SDN memisahkan antara control plane dan data plane dari sebuah device networking seperti switch ataupun router. Control plane dari beberapa device ini dipusatkan menjadi satu di dalam controller. Controller ini lah yang akan mengatur dan memantau lalu lintas jaringan. Terdapat berbagai macam controller yang dapat digunakan untuk SDN. Salah satunya adalah RYU Controller. Dengan framework yang cukup sederhana, RYU Controller dapat membantu untuk memahami otomasi jaringan atau SDN dengan lebih baik. Selain sederhana, RYU memiliki beberapa aplikasi/fungsi bawaan yang sangat membantu dalam simulasi jaringan di dunia nyata. Pada kesempatan ini kami mencoba mengeksplorasi beberapa fungsi daripada RYU yaitu :

  1. Sniffer
  2. Load Balancer
  3. Rate Limiter
  4. Spanning Tree Protocol
  5. Traffic Monitor
  6. Firewall Dengan melakukan eksplorasi ini penulis dapat mengetahui kualitas dan kinerja daripada mininet dan juga ryu. Selain itu dapat lebih mengetahui konsep dan juga praktikal penggunaanya. Setelah dilakukannya eksplorasi ini wawasan penulis menjadi lebih luas dan dapat menjadi bekal untuk ke jenjang selanjutnya.

Project Author(s)

Muhammad Athallah Rizki Putra (18117002), Risyam Najmi ‘Adiyat (18117038)

comments powered by Disqus