May 9, 2021

266 words 2 mins read

Deteksi Impulsivitas Seorang Calon Pemimpin Menggunakan Sinyal EEG P300

Deteksi Impulsivitas Seorang Calon Pemimpin Menggunakan Sinyal EEG P300

Penelitian ini merupakan deteksi impulsivitas pada calon pemimpin dengan menggunakan sinyal EEG P300. Penggunaan sinyal EEG untuk mendeteksi impulsivitas ini digunakan untuk mendampingin hasil psikotes pada seleksi militer yang dirasa kurang akurat dan terlalu subjektif, dikarenakan semakin sering seseorang berlatih mengerjakan soal psikotes maka nilai akan semakin tinggi. Maka dari itu digunakanlah sinyal EEG sebagai pendamping dari hasil tes tersebut. Perekaman sinyal EEG akan dibagi menjadi 2 pengujian yakni, pengujian dengan beberapa perlakuan diantaranya (subjek diberi instruksi untuk menutup mata dengan kondisi tubuh rileks dan membukan mata dengan kondisi tubuh rileks) selanjutnya pengujian dengan penayangan visual stimuli yang akan menstimulasi subjek selama perekaman sinyal otak .

Ada beberapa metode pengujian pada rangkaian seleksi militer salah satunya adalah tes psikologi. Tes psikologi biasa digunakan sebagai syarat suatu seleksi rekrutmen militer, kenaikan jabatan, pemilihan pimpinan dan lain-lain.

Namun, hasil dari tes psikologi dirasa kurang akurat. Hal tersebut dikarenakan semakin sering seseorang melatih diri mengerjakan soal-soal psikotes maka seseorang tersebut akan terbiasa dan dapat memperoleh nilai yang tinggi saat tes.

Maka dari itu, sinyal otak (EEG) digunakan untuk mendampingi hasil dari tes psikologi dengan tujuan mendeteksi impulsivitas subjek pada ujian calon pimpinan militer. Penelitian ini juga diharapkan dapat memiliki kontribusi untuk melengkapi rangkaian tes seleksi calon pimpinan militer agar pemimpin tidak menyalahgunakan jabatan jika sudah terpilih.

Proses yang akan dilakukan pada penelitian ini ialah perekaman sinyal EEG, pengolahan sinyal hasil perekaman, pada proses pengolahan sinyal ini akan dilakukan beberapa proses diantaranya pre-processing dan feature extraction yang menggunakan metode Bandpass Filter dan Wavelet Transform. Setelah itu dilakukan analisa hasil dari pengolahan sinyal dan penarikan kesimpulan.

Project Author(s)

Yumna Nabila (23220092)

comments powered by Disqus