December 8, 2020

218 words 2 mins read

Automatic Body Temperature Check

Automatic Body Temperature Check

Sistem otomatis berbasis IoT untuk mendeteksi suhu tubuh manusia menggunakan sensor infrared. Sensor yang digunakan merupakan sensor yang bersifat contactless sehingga dapat mengurangi interaksi sentuhan antar manusia guna mencegah penyebaran COVID-19. Data suhu tubuh yang terdeteksi akan ter-display pada layar produk beserta status kesehatan. Status kesehatan diklasifikasikan sesuai dengan prosedur kesehatan terkait Covid-19. Kemudian data akan disimpan ke dalam database.

Munculnya pandemi Covid-19 sangat berpengaruh dengan keseharian manusia dalam beraktivitas. Penularan yang sangat mudah melalui sentuhan menjadi hal yang harus dihindari oleh manusia dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Teknologi pengecek suhu badan yang bersifat contactless menjadi suatu solusi untuk track & trace manusia dari Covid-19 tersebut. Produk ini menawarkan solusi pengecekan suhu tubuh manusia yang bersifat contactless dan menyimpan data suhu pada suatu database terintegrasi.

Pada produk ini menggunakan sensor MLX90614 untuk mendeteksi suhu manusia. Sensor ini dinilai cukup baik untuk mengukur suhu terutama suhu manusia dengan ketepatan akurasi lebih kurang 0.2ºC dan telah disetujui oleh ahli medis. Pada produk ini juga menggunakan sensor ultrasonic HC-SR04 untuk mendeteksi keberadaan manusia sehingga produk ini bersifat contactless. Produk ini menggunakan mikrokontroller ESP32 yang sudah terintegrasi dengan modul Wi-Fi sehingga dapat dengan mudah menghubungkannya dengan fitur database yang berbasis realtime. Pada produk ini menggunakan opensource database dari Google yaitu Firebase.

Project Author(s)

M. Marsa Naufal Purnomo (18117021), Zharfa Haidan Nafilah (1811037)

comments powered by Disqus