December 7, 2020

351 words 2 mins read

Analisis Penjualan Burgerchill

Analisis Penjualan Burgerchill

Burgerchill ini merupakan usaha di bidang makanan yang didirikan di kota Bandung pada tanggal 14 Juni 2020. Usaha ini menjual burger berukuran kecil secara online melalui IG (@burgerchill.id) dan WA businessnya. Dari semenjak dibukanya usaha, telah terjual lebih dari 1500 burger. Terdapat tiga varian rasa, yaitu: Original Chicken Burger, Spicy Chicken Burger, dan Milo Banana Burger, serta satu jenis minuman yaitu Iced Lemon Tea. Dengan banyaknya peminat dari Burgerchill ini, maka diperlukan suatu analisis penjualan sehingga dapat mengetahui berbagai informasi yang diperlukan untuk mendukung kemajuan dari usaha ini kedepannya.

Dengan banyaknya peminat dari Burgerchill ini, maka diperlukan suatu analisis penjualan dengan cara membuat visualisasi berupa grafik, peta, chart, dan sebagainya dari kumpulan data penjualan yang dimiliki oleh Burgerchill. Selain itu membuat website yang didalamnya terdapat berbagai informasi dari usaha tersebut dan visualisasinya sehingga tampilan terlihat lebih menarik dan juga dapat diakses oleh siapapun, dimanapun. Untuk dapat membuat visualisasi dan website tersebut diperlukan beberapa tools yang digunakan. Pada pembuatan visualisasi diperlukan dataset(.csv), Google Colab, Numpy, Pandas, dan sebagainya. Sedangkan pada pembuatan website diperlukan HTML, CSS (Bootstrap), Sublime, dan Github Pages untuk hosting websitenya.

Data penjualan Burgerchill ini terdiri dari beberapa variabel seperti nama, alamat, pembayaran, dan sebagainya. Data berupa alamat diubah menjadi longitude dan latitude. Dengan menggunakan Geopandas, data berhasil di plot menjadi peta sehingga dapat diketahui bahwa pembeli Burgerchill terbanyak berasal dari Kota Bandung (Pulau Jawa). Data berupa tanggal diubah menggunakan Datetime, sehingga Dtype yang berupa object berubah menjadi datetime dan data dapat diolah menjadi grafik. Dari grafik tersebut terlihat bahwa penjualan tertinggi pada burger dan minumannya terjadi pada bulan Oktober. Data berupa pembayaran, pengiriman, alamat, dan sebagainya di plot menggunakan seaborn (countplot) dan juga bisa berupa pie chart. Dari hasil plot tersebut dapat dilihat pilihan terbanyak dan terdikit pada setiap bagian, sehingga dapat mengetahui apa yang paling sering digunakan atau disukai oleh pembeli.

Dengan adanya visualisasi dan informasi yang ditampilkan pada website Burgerchill ini (https://zahrinamaryam.github.io/burgerchill_EL6240/), dapat mempermudah dalam melihat dan menganalisisnnya serta tampilan menjadi lebih menarik. Selain itu dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun, hal ini tentunya dapat mendukung kemajuan dari usaha Burgerchill ini kedepannya.

Project Author(s)

Zahrina Maryam (23220028)

comments powered by Disqus