December 8, 2020

199 words 1 min read

Alumni Mobile App

Alumni Mobile App

Aplikasi mobile untuk manajemen data alumni Teknik Telekomunikasi. Aplikasi bisa digunakan untuk mendaftarkan data alumni ke database, mengubah data yang sudah terdaftar, dan mencari data alumni yang sudah terdaftar berdasarkan nama dan angkatan. Aplikasi mobile yang digunakan dijalankan di platform android.

Terdapat 3 komponen utama dalam sistem, yaitu Mobile App, Web Service, dan database. Mobile app berfungsi sebagai client untuk mengakses data alumni. Mobile app memiliki fitur utama berupa insert data (daftarkan data baru), update data (memperbarui data yang sudah ada), read data (menampilkan data yang sudah terdaftar), dan search data (mencari data berdasarkan nama dan angkatan). Web service berfungsi untuk menerima request dari mobile app dan melakukan query pada database. Hasil query akan diberikan ke mobile app sebagai response dari request mobile app. Database digunakan untuk menyimpan data alumni. Data yang tersimpan terdiri dari nama alumni, angkatan, nomor handphone, dan email.

Aplikasi telah berhasil dibuat. Untuk pengembangan lebih lanjut dapat ditambahkan fitur autentikasi pada web service dan login pada mobile app. Kedua fitur tersebut digunakan untuk menambahkan keamanan data alumni. Selain itu mobile app bisa digunakan juga untuk lingkup yang lebih luas dari jurusan (fakultas atau seluruh ITB).

Project Author(s)

Gelar Pambudi Adhiluhung (18117020), Karisa Ardelia Hanifah (18117022)

comments powered by Disqus